Liburan ke Pura Tanah Lot Bali

Liburan Ke Pura Tanah Lot Bali ?

Pura Tanah Lot Bali

Paket Tour ke Bali, Pura Tanah Lot Bali

Walaupun sudah terlalu mainstream , namun ternyata masih ada lhoo yang belum pernah ke pura tanah lot, meski udah ke Bali . nah lho….

mudah mudahan artikel ini bisa sedikit membantu ya, untuk yang punya planing liburan ke bali atau mau mengambil Paket Tour ke bali . setidaknya memberikan gambaran tentang pura tanah lot, seperti sejarah tanah lot, keunikan tanah lot dan ada apa aja sih di tanah lot.

kita mulai bahas satu satu ya..mulai dari sejarahnya dulu

Sejarah Pura Tanah Lot

Tanah Lot merupakan nama yang diberikan oleh seorang pendeta yang sedang melakukan menyebarkan Agama Hindu, yang bernama Dang Hyang Nirartha yang berasal dari Jawa Timur. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Sanghyang Nirantha. Bendesa Beraben menyuruh Sanghyang Nirantha untuk meninggalkan Tanah Lot.

Pada saat beliau datang ke Bali untuk menjalankan misinya, Raja Dalem Waturenggong yang berkuasa di Pulau bali saat itu menyambut beliau dengan sangat hormat. Beliau menyebarkan agama Hindu sampai ke pelosok-pelosok Pulau Bali. Suatu ketika saat beliau sedang menjalankan tugasnya, beliau melihat sinar suci dari arah tenggara dan beliau mengikutinya sampai pada asalnya yang ternyata berupa sumber mata air. Tidak jauh dari tempat itu beliau menemukan sebuah tempat yang sangat indah yang disebut “Gili Beo” (Gili artinya Batu Karang dan Beo artinya Burung) jadi tempat itu adalah sebuah Batu Karang yang berbentuk burung. Ditempat inilah beliau melakukan meditasi dan pemujaan terhadap Dewa Penguasa Laut.

Beliau menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot, beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan Dang Hyang Nirartha membangun pura di atas bongkahan batu tersebut dinamakan Pura Tanah Lot. Dulunya pura ini tidak berada diluar pantai, tetapi karena penggerusan air laut lama – kelamaan menjadi seakan menjadi pulau kecil yang merapat ke pantai. Sudah sangat terlihat pura ini seakan terpisah dengan pantai, apalagi jika laut sedang pasang


Ada apa saja di tanah Lot ?

Ular Suci Pura Tanah Lot Bali

Ada Ular Suci ! ya Holly Snake Tanah Lot Temple kalo bahasa inggrisnya . hehe

Menurut informasi pura Tanah Lot merupakan bagian dari Pura Dang Kahyangan di Bali, sebagai tempat memuja dewa-dewa penjaga laut. Lalu di sebelah pura tepatnya di dalam goa bawah tebing terdapat ular yang dikeramatkan. Masyarakat lokal meyakini ular ini adalah jelmaan dari selendang Danghyang Nirartha yang sampai sekarang ular ini diyakini menjadi penjaga pura Tanah Lot. Ular itu masih ada sampai sekarang dan diyakini sebagai juru selamat Tanah Lot.

Blessing di Pura Tanah Lot

Sebelum Melihat Ular Suci , kalian sebaiknya mohon ijin atau mendapatkan blessing ,dengan mengunjungi pura nya, disana kalian akan diberikan tirtha ( air suci ) ,mungkin kalian akan menemui antrean, karena banyaknya pengunjung yang ingin mendapat blessing lewat air suci tersebut. air suci dimimum 3x dan di usapkan ke wajah, setelah itu kalian akan diberikan bija ( beras ) utk di tempel di kening dan terakhir diberikan bunga kambodja sebgai tanda kalian sudah mendapat blessing dan selesai upacara.

Artshop atau Pasar seni

seperti di pasar seni sukawati, kalian juga akan melewati banyak toko klontong yang menjual pernak pernik bali , oleh oleh bali seperti kaos, patung, hingga asesoris yang berbau bali.

Berapa Tiket Masuknya ?

Tiket masuknya saat ini adalah Rp 30,000 untuk Domestik dan Rp 60,000 untuk Asing , dan Parkir Mobil 5000 atau 10,000 utk Bus.

Tertarik untuk kesana ? Kalian bisa memilih paket Fullday Tour atau Paket Tour di website ini. namun bila kalian ingin bebas tanpa terikat paket ,kalian bisa sewa mobil dengan driver ataupun sewa mobil lepas kunci yang tersedia di website.

Sampai jumpa di Bali ! sampai bertemu di Pura Tanah Lot Bali !

Bli Putu